Kamis, 28 Februari 2013

Belajar Bisnis dari Pengalaman Charles Saerang

Charles Saerang (lahir di Semarang, Jawa Tengah, 20 Februari 1952) adalah generasi ketiga keturunan Nyonya Meneer, wirausahawan produk jamu ternama di Indonesia, kini menjabat sebagai Presiden Direktur PT Nyonya Meneer. Ia adalah seorang pemerhati perkembangan jamu tanah air dan wirausahawan Indonesia.
Sempat mengalami konflik dalam tubuh perusahaan keluarga yang dipimpinnya, kini Charles justru mampu membawa Nyonya Meneer pada posisi puncak. Tak hanya itu saja, membawa jamu menjadi kebanggaan milik bangsa menjadi salah satu obsesinya.

Rabu, 27 Februari 2013

Mata Kuning (Ikterus)

Ikterus atau jaundice adalah perubahan warna jaringan menjadi kekuningan karena penimbunan bilirubin. Ikterus tampak ketika kadar bilirubin melebihi 3 mg/100 ml. Retensi bilirubin di jaringan ini terjadi akibat adanya hiperbilirubinemia serum dan merupakan tanda adanya penyakit hati atau kelainan hemolitik. 

Selasa, 26 Februari 2013

Asites (Perut Bengkak)

Kata asites berasal dari bahasa Yunani (askos) yang artinya kantung. Asites adalah keadaan terkumpulnya cairan patologis di dalam rongga abdomen. Lelaki yang sehat hanya memiliki sedikit atau tidak sama sekali cairan intraperitoneal, sedangkan wanita masih normal kurang lebih 20 mL.

Minggu, 24 Februari 2013

Penurunan Berat Badan

Berbeda dengan kenaikan berat badan, penurunan berat badan lebih sering memiliki dasar etiologi yang patologis. Penurunan berat badan lazim terjadi pada keadaan sakit dan tidak banyak memiliki arti diagnostik bila ditemukan sendirian. Pada banyak kasus, terdapat pasien-pasien yang kehilangan berat badan tanpa penyebab yang jelas. Namun, penurunan berat badan yang bermakna tanpa disengaja biasanya merupakan tanda dari penyakit yang serius.

Mual dan Muntah

Nausea adalah perasaan subyektif untuk muntah. Vomitus/ emesis/ muntah adalah pengeluaran isi gastrointestinal bagian atas akibat kontraksi otot usus dan dinding torako-abdominal. Vomitus harus dibedakan dengan regurgitasi, suatu pengeluaran isi lambung tanpa tenaga atau kontraksi. Ruminasi adalah regurgitasi berulang yang biasanya dikunyah dan ditelan lagi. Indigesti adalah keluhan nonspesifik abdomen bagian atas meliputi nausea, vomitus, heartburn, regurgitasi dan dyspepsia. 

Diare

Bengkak tubuh (edema)

Edema didefinisikan sebagai peningkatan volume cairan interstitial yang tampak secara klinis. Peningkatan volume ini dapat mencapai beberapa liter sebelum kelainan tampak. Karena itu, penambahan berat badan beberapa kilogram biasanya mendahului manifestasi edema, dan diuresis dapat menginduksi kehilangan berat badan dalam jumlah yang sama pada pasien edema ringan sebelum mencapai “berat badan kering”. Asites dan hidrotoraks diartikan sebagai akumulasi cairan berlebihan dalam rongga peritoneum dan rongga pleura. Kedua keadaan ini dianggap sebagai bentuk khusus dari edema. Anasarka adalah edema seluruh tubuh yang tampak mencolok. 

Sabtu, 23 Februari 2013

Demam

Demam adalah suatu reaksi fisiologis tubuh yang kompleks terhadap penyakit, ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh di atas normal akibat rangsangan zat pirogen terhadap pengaturan suhu tubuh di hipotalamus. Pada orang dewasa suhu tubuh yang normal berkisar antara 36,1-37,7 C.

GIMB School Day 2

GIMB School Day 2

"I will do my best because this is my last game" (Michael Jordan)
"I always knew I was going to be rich, I don't think I ever doubted it for a minute" (Warren Buffet)

Materi yang dibahas kali ini yaitu mindset seorang entrepreneur. Apa beda entrepreneur, pedagang dan pengusaha? Sifat dan sikap apa saja yang harus dimiliki seorang entrepreneur? 
Pertanyaan - pertanyaan ini akan dibahas nanti.

Me n My Son


Jumat, 22 Februari 2013

Nyeri perut (abdominal pain)

Gambar. Regio nyeri abdomen

Kriteria Diagnostik dan Pemeriksaan Penunjang pada Penyakit Reumatik

Kriteria Diagnostik beberapa Penyakit Reumatik

Keterangan :
SLE : minimal 4 kriteria
Spondiloartropati : kriteria 1 atau 2 ditambah minimal 1 dari kriteria 3-10
RA : minimal 4 kriteria (kriteria 1-4 selama 6 minggu)
Still’s : kriteria 1-4 harus ada, ditambah minimal 2 dari kriteria 5-8

Kamis, 21 Februari 2013

Hemoptisis (Batuk Darah)

Gambar Etiologi Hemoptisis

Jadwal Akademik Sem Genap FK UNISBA 2012/2013

TINGKAT 1 DAN 4 DI TAMANSARI

Batuk

Batuk adalah ekspirasi yang tiba-tiba hal itu digunakan sebagai mekanisme normal untuk membersihkan cabang trakeobronkial dari secret dan benda asing. Ketika hal itu berlebihan atau menyulitkan, hal itu merupakan gejala yang sangat umum secara kedokteran merupakan hal yang memerlukan perhatian dan harus dicari penyebabnya. Alasan lebih lanjut termasuk perasaan kurang nyaman dari batuk itu sendiri, berhubungan dengan gaya hidup normal, dan perhatian untuk penyebab dari batuk itu, terutama kekhawatiran terhadap kanker atau AIDS.

Tata Cara Permohonan Surat Tanda Registrasi Baru dr/drg & dr.Sp/drg.Sp

Gambar Alur Permohonan Registrasi Baru dr/drg & dr.Sp/drg.Sp

Rabu, 20 Februari 2013

Kelainan Adrenal

Gambar 1. HPA axis

Hipotiroid


Hipertiroid

Tirotoksikosis adalah sindroma klinis yang terjadi akibat hormon tiroid : tiroksin atau triiodotironin yang beredar berlebihan, berbeda dengan hipertiroidisme yang merupakan akibat berlebihnya sintesa dan pelepasan hormon tiroid oleh kelenjar tiroid. Penyebab utama tirotoksikosis adalah hipertiroidisme yang disebabkan oleh penyakit Grave, struma toksik multinodular dan adenoma toksik. Penyebab lainnya dapat dilihat pada tabel 1.

Anatomi dan Fisiologi Tiroid

Kelenjar tiroid terletak di leher, anterior trakea, di antara kartilago krikoid dan lekukan suprasternal. Tiroid terdiri dari 2 lobus yang dihubungkan dengan ismus. Ukuran normal 12-20 gram, dengan vaskularisasi yang banyak, dan konsistensi nya lunak. Kelenjar paratiroid yang menghasilkan hormon paratiroid terletak di posterior setiap sudut tiroid. Saraf laringeal rekuren melintang pada tepi lateral kelenjar tiroid dan harus dideteksi selama operasi kelenjar tiroid untuk mencegah paralisis pita suara.

Gambar 1. Anatomi Thyroid

Selasa, 19 Februari 2013

Hemoglobin A1c (HbA1c)

Pengukuran kadar glukosa darah hanya memberikan informasi mengenai homeostasis glukosa yang sesaat dan tidak dapat digunakan untuk mengevaluasi pengendalian glukosa jangka panjang (mis. beberapa minggu sebelumnya). Untuk keperluan ini dilakukan pengukuran hemoglobin terglikosilasi dalam eritrosit atau juga dinamakan hemoglobin glikosilat atau hemoglobin A1c (HbA1c).

Tes Toleransi Glukosa Oral

Tes toleransi glukosa oral/TTGO (oral glucose tolerance test, OGTT) dilakukan pada kasus hiperglikemia yang tidak jelas; glukosa sewaktu 140-200 mg/dl, atau glukosa puasa antara 110-126 mg/dl, atau bila ada glukosuria yang tidak jelas sebabnya. Uji ini dapat diindikasikan pada penderita yang gemuk dengan riwayat keluarga diabetes mellitus; pada penderita penyakit vaskular, atau neurologik, atau infeksi yang tidak jelas sebabnya.

Penyakit Penyerta DM dan Tatalaksananya

Dislipidemia pada Diabetes 
· Dislipidemia pada penyandang diabetes lebih meningkatkan risiko timbulnya penyakit kardiovaskular. 
· Perlu pemeriksaan profil lipid pada saat diagnosis diabetes ditegakkan. 

Pada pasien dewasa pemeriksaan profil lipid sedikitnya dilakukan 6 bulan sekali dan bila dianggap perlu dapat dilakukan lebih sering. Sedangkan pada pasien yang pemeriksaan profil lipid menunjukkan hasil yang baik (LDL<100mg/dL; HDL>50 mg/dL (laki-laki >40 mg/dL, wanita >50 mg/dL); trigliserid <150 mg/dL), pemeriksaan profil lipid dapat dilakukan setahun sekali. Gambaran dislipidemia yang sering didapatkan pada penyandang diabetes adalah peningkatan kadar trigliserida, dan penurunan kadar kolesterol HDL, sedangkan kadar kolesterol LDL normal atau sedikit meningkat. 

Acara Syukuran SpPD Baru tgl 14 Februari 2013

Bersama Teman-teman semasa Residen Penyakit Dalam

Senin, 18 Februari 2013

Metode Pembelajaran dengan Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran UNISBA

I. Pendahuluan 
Problem-based learning (PBL) adalah sebuah strategi pembelajaran baru yang menitik beratkan pembelajaran pada mahasiswa atau dengan kata lain pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student centered learning). Sejak diperkenalkan oleh Barrows pada 1969 di Fakultas Kedokteran McMaster, Kanada, PBL telah diadopsi oleh banyak fakultas kedokteran di seluruh dunia. 

Minggu, 17 Februari 2013

Penatalaksanaan DM tipe 1

Diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit kronis yang mengganggu metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein akibat kurangnya insulin. Pada DM 1, terjadi defisiensi absolut insulin karena destruksi sel-sel beta panreas. DM tipe 1 paling sering terjadi pada anak-anak, tetapi bisa juga terjadi pada usia dewasa, terutama pada usia akhir 30 dan awal 40. Tidak seperti DM tipe 2, DM tipe 1 umumnya tidak gemuk dan sering dengan manifestasi awal sebagai ketoasidosis diabetik (KAD).

Penatalaksanaan DM tipe 2

Pendahuluan
Diabetes Mellitus (DM) tipe 2 merupakan diabetes dengan onset usia dewasa. Saat ini, karena kecenderungan gaya hidup yang semakin tidak sehat, sehingga epidemi obesitas dan inaktivitas pada usia kanak-kanak, maka DM tipe 2 sudah memiliki kecenderungan terjadi pada usia lebih muda. Diabetes tipe 2 memiliki ciri khas resistensi insulin perifer dengan defek sekresi insulin yang bervariasi derajat beratnya.

Karakteristik DM tipe 2 adalah resistensi insulin perifer disertai adanya defek sekresi insulin yang bervariasi beratnya. Untuk berkembang menjadi DM tipe 2, kedua defek ini harus ada. Semua individu dengan berat badan berlebih, sudah mengalami resistensi insulin, tetapi hanya mereka yang sel betanya tidak mampu meningkatkan produksi insulin saja yang akan menjadi DM.

Pendekatan Diagnosis Short Stature

Pendahuluan
Short stature adalah anak dengan tinggi badan 2 standar deviasi atau kurang dari rata-rata tinggi anak sesuai jenis kelamin, usia kronologis, dan ras etnik . Daripada mengukur tinggi badan pada suatu waktu, lebih baik mengukur pola pertumbuhan dalam suatu periode waktu di mana dapat ditemukan keterlambatan pertumbuhan yang mengalami deviasi secara progresif dari pola pertumbuhan sebelumnya. Pengukuran tinggi badan harus dilakukan dengan peralatan yang tepat, dan hasil pengukuran ini, bersamaan dengan hasil pengukuran berat badan serta lingkar kepala, dinilai menggunakan kurva pertumbuhan yang tepat.

Patogenesis DM

Pendahuluan 
Diabetes melitus merupakan sekumpulan penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemi, yang terjadi akibat kerusakan pada sekresi insulin, aksi insulin atau keduanya. WHO sebelumnya telah merumuskan bahwa diabetes melitus merupakan sesuatu yang tidak dapat dituangkan dalam satu jawaban yang jelas dan singkat, tetapi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu kumpulan problema anatomik dan kimiawi akibat dari sejumlah faktor dimana didapatkan defesiensi insulin absolut atau relatif dan gangguan fungsi insulin. Penyakit diabetes melitus saat ini dianggap sebagai ancaman terbesar dalam kesehatan di abad ke-21, dimana dalam dua dekade terakhir telah terjadi ledakan peningkatan jumlah penderita diabetes melitus di seluruh dunia. Diperkirakan jumlah penderita diabetes melitus di seluruh dunia akan meningkat dari 150 juta di tahun 2000, menjadi 220 juta di tahun 2010, dan mencapai 300 juta di tahun 2025. Menurut WHO (2004) di Indonesia pada tahun 2004, ada 8,4 juta penderita diabetes melitus, diperkirakan pada tahun 2030 akan meningkat menjadi 21,2 juta penderita. Peningkatan jumlah penderita diabetes ini, akan diikuti oleh makin meningkatnya komplikasi yang terjadi, akan menurunkan hidup penderitanya, dan akan semakin meningkatkan biaya untuk menjaga kesehatan penderitanya. Diabetes merupakan penyakit yang secara teori dapat dicegah,dalam makalah ini akan dibahas terutama mengenai patogenesis diabetes melitus sehingga diharapkan dengan memahami patogenesis diabetes melitus tipe 1, tipe 2 maupun tipe lain kita akan dapat mencegah terjadinya penyakit ini lebih lanjut maupun dapat mencegah komplikasi-komplikasi yang mungkin akan terjadi. 

Ayat–ayat Al-Quran tentang kesehatan

Al-Baqarah ayat 35 (2:35)
Dan kami berfirman,:Wahai Adam! Tinggalah engkau dan istrimu di dalam surga dan makanlah dengan nikmat (berbaggai makanan) yang ada di sana sesukamu. (Tetapi) janganlah kamu dekati pohon ini, nanti kamu termasuk orang-orang yang zalim

Al-Baqarah ayat 168 (2:168)
Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.

Puisi Ulang Tahun untuk Ayah


Dad, I'm praying a birthday prayer for you,
Peace and happiness in all you do.
Lord, my father gave his all for me,
Please, Lord, hear my extra special plea:
Keep him safe so he can still be near;
Lord, my father is so very dear.
Role model, an extraordinary man,
He's my dad and I'm his biggest fan.
Dad, I'm praying to the Lord for you
That He will give you all the good you're due.

Tes Mantoux

Test mantoux adalah suatu cara yang digunakan untuk mendiagnosis TBC. Tes mantoux itu dilakukan dengan menyuntikan suatu protein yang berasal dari kuman TBC sebanyak 0,1 ml dengan jarum kecil di bawah lapisan atas kulit lengan bawah kiri.

Spirometri

Prinsip spirometri adalah mengukur kecepatan perubahan volume udara di paru-paru selama pernafasan yang dipaksakan atau disebut forced volume capacity (FVC). Prosedur yang paling umum digunakan adalah subyek menarik nafas secara maksimal dan menghembuskannya secepat dan selengkap mungkin. Nilai FVC dibandingkan terhadap nilai normal dan nilai prediksi berdasarkan usia, tinggi badan dan jenis kelamin.

Kasus HSP

Henoch-Schonlein Purpura pada laki-laki muda 
dengan komplikasi hematemesis dan gagal ginjal kronis 

Pendahuluan. Beberapa kasus vaskulitis kadang sulit terdiagnosa maupun misdiagnosis dan beberapa datang dengan keadaan yang berat hingga mengancam jiwa. Kasus ini menarik untuk dibahas karena merupakan kasus jarang dengan permalasahan hematemesis dan gagal ginjal kronis. 

Sabtu, 16 Februari 2013

ABSTRACT


INCIDENCE AND CHARACTERISTICS OF ANTITUBERCULOSIS DRUGS HEPATOTOXICITY  
WITH AND WITHOUT HIV INFECTION IN BANDUNG PERIOD JUNEOCTOBER 2012

Sumantri A, Djumhana A, Wisaksana R, Sumantri R

Background. Hepatotoxicity is one of the complications in the treatment of tuberculosis (Tb). Mainly it is caused by the first-line drugs antituberculosis, and this is a clinical obstacle in dealing with Tb treatment. The aims of this study were to find the incidence and characateristic of antituberculosis hepatotoxicity in tuberculosis patients with and without HIV infection.

Abstrak Karya Tulis Akhir

INSIDENSI DAN KARAKTERISTIK HEPATOTOKSISITAS OBAT ANTITUBERKULOSIS DENGAN DAN TANPA INFEKSI HIV DI BANDUNG PERIODE JUNI–OKTOBER 2012 

Agung Firmansyah (1), Ali Djumhana (2), Rudi Wisaksana (3), Rachmat Sumantri (4) 

1. Residen ilmu Penyakit Dalam, FK Universitas Padjadjaran, RSUP Dr.Hasan Sadikin, Bandung, Indonesia
2. Divisi Gastroenterohepatologi Departemen Penyakit Dalam, FK Universitas Padjadjaran, RSUP Dr.Hasan Sadikin, Bandung, Indonesia
3. Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi Departemen Penyakit Dalam, FK Universitas Padjadjaran, RSUP Dr.Hasan Sadikin, Bandung, Indonesia
4. Divisi Hemato-onkologi Departemen Penyakit Dalam, FK Universitas Padjadjaran, RSUP Dr.Hasan Sadikin, Bandung, Indonesia


Latar Belakang. Hepatotoksisitas merupakan efek samping pengobatan tuberkulosis (Tb), biasanya disebabkan oleh obat antituberkulosis (OAT) lini pertama dan hal ini merupakan tantangan serius dalam menghadapi pengobatan Tb. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kejadian dan karakteristik hepatotoksisitas OAT pada pasien Tb dengan dan tanpa infeksi HIV.

Foto Keluarga

Lebaran 2007

Kegiatan Selama Masa Residensi

Jaga EMG Penyakit Dalam RSHS Bandung

Brevet Penyakit Dalam FK UNPAD 6 Februari 2013

Bersama kedua Orang Tua tercinta (Dr. Rachmat Sumantri, dr., SpPD-KHOM dan Dr. Herawati Soebari, MPd)

Simposium BHOM 2012

Menghadiri simposium Bandung Hemato-Onkologi Medik 2012


Related Post


CURRICULUM VITAE

Nama : Agung Firmansyah Sumantri
Tempat/tanggal lahir : Bandung, 20 September 1982
Status : Menikah

I. RIWAYAT PENDIDIKAN
1.1 Sekolah Dasar Taruna Bakti , Bandung (1988 – 1994)
1.2 Sekolah Menengah Pertama Taruna Bakti, Bandung (1994 – 1997)
1.3 Sekolah Menengah Atas Negeri 1, Bandung (1997 – 2000)
1.4 Pendidikan di Universitas
2000 - 2007 : Pendidikan Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
2008 - 2013 : Pendidikan Dokter Spesialis I Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran UNPAD/ RS. dr. Hasan Sadikin Bandung

GIMB School Day 1

GIMB School Day 1 

GIMB (Gerakan Indonesia Muda Berbisnis) adalah sebuah gerakan sociopreneur yang bertujuan menggerakkan perekonomian Indonesia melalui pengembangan kewirausahaan di kalangan generasi muda, menciptakan dan membina serta meberikan pendampingan bagi ribuan pengusaha muda Indonesia, menerapkan ‘bisnis berbasis knowledge’, memberikan support terhadap aspek-aspek pemasaran, pendanaan, dan pengembangan bisnis.

Sambutan Syukuran SpPD 14 Februari 2013

Bismillahirrahmanirrahim
Kepada Yth. Guru Besar Penyakit Dalam FK UNPAD
Kepada Yth. Kepala Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSHS Bandung
Kepada Yth. Dekan FK UNISBA
Kepada Yth. KPS Ilmu Penyakit Dalam FK UNPAD
Kepada Yth. Konsulen-konsulen Ilmu Penyakit Dalam dan Para senior
Kepada Ytc. Teman-teman residen, staf, karyawan, perawat dan para undangan sekalian

Assalamu'alaikum Wr.Wb. Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua.
Alhamdulillahirobbil'alamin, segala puji dan syukur atas rahmat dan karunia Allah SWT yang karena atas seijinya kita dapat berkumpul di hari yang sangat berbahagia ini. Salawat serta salam kami sampaikan kepada junjunan kami nabi Muhammad SAW beserta sahabat-sahabat dan pengikutnya hingga akhir jaman.